Senin, 11 Juni 2012

0

About Costumer Relations Management

Posted in

Dari arti kata CRM sendiri kita bisa memahami, apa yang akan di pelajari nantinya di bab CRM kali ini.Awalnya saya sudah bisa menebak mengenai materi yang akan dipelajari oleh dosen saya pada saat itu, oke saya akan mulai menjelaskan sedikit mengenai apa itu CRM, dan apa manfaat bila kita mempelajarinya.



Dalam dunia kerja, pasti ada beberapa strategi yang perlu kita perhatikan bila kita memposisikan sebagai seoarang Manager di sebuah perusahaan besar.Di posisi itu kita pasti memiliki beberapa strategi khusus untuk bagaimana caranya agar perusahaan kita bisa berkembang kedapannya.Nahhh!! salah satu ilmu strategi yang harus dimiliki oleh seorang manager adalah CRM ini.Ilmu yang lebih mengarah kepada bagaimana cara seoarang Manager dalam menangani bagian marketingnya yaitu ada 3 fungsi dari marketing itu sendiri : a).Mendapatkan pelanggan,b). Mempertahankan pelanggan sekaligus mengiatkan para pelanggan, c).Menjual produk-produk dengan jumlah yang lebih banyak pada para pelanggan.
Jadi dengan kata lain CRM itu sendiri lebih mengarah pada  para Costumer atau pelanggan.

ada beberapa kesulitan yang biasa di alami oleh bagian marketing, yaitu bagiamana caranya mempertahankan pelanggan yang setia, ada beberapa ciri pelanggan itu bisa dikatan setia atau loyal kepada kita yang mana kita memposisikan diri sebagai seorang supplier produk.Di lihat dari tingkah lakunya, ada 3 hal pelanggan tersebut bisa dikatakan sebagai pelanggan yang setia
1).Membeli hanya kepada satu supplier, meski banyak dari supplier lain menawarkan produk yang lebih menjanjikan.2).Membeli produk dalam jumlah banyak dalam satu supplier secara bertahap 3).Memberikan saran dan kritik yang membangun bagi supplier.
Jika dilihat dari segi psikologinya, ada beberapa pelanggan yang memiliki kebiasaan yang positif tentang supliernya dan juga selalu mengatakan hal-hal yang bagus mengenai supliernya kepada orang lain.

Dalam prosesnya, CRM membagi 3 proses utama dalam dalam tingkat loyalitas pelanggan









pertama, yaitu dalam hal produk, kita sebagai supplier akan menjual ke pelanggan yang sudah cukup loyal dengan produk kita dengan jumlah yang cukup banyak sehingga pelanggan lebih banyak yang tertarik dan membeli produk dalam jumlah banyak.
Kemudian,jika pelanggan dengan tahap pertama sudah mulai meningkat maka mereka akan melakukan sebuah Share of wallet(berbagi dompet), dalam istilahnya bisa kita maksudkan dengan berbagi ke dengan orang lain,jadi pelanggan yang sudah memiliki tingkat loyal yang cukup tinggi akan mudah berbagi kehid atau curhat kepada orang lain(supplier) tanpa adanya pakasaan, sehigga kita tahu keadaaan dari pelanggan kita pada saat itu.
Dan, untuk proses yang terakhir yaitu Share of Life( berbagi hidup) pada tahap terakhir ini pelanggan mulai melakukan curhatan kepada supplier baik itu mengenai masalah keluarga ataupaun hal yang berhubungan dengan kehidupannya.

Jadi,inti tujuan mempelajari CRM adalah untuk meningkatkan peluang dengan cara mengembangkan proses berkomunikasi dengan pelanggan yang sesuai, menyediakan penawaran yang tepat(produk dan harga), melalui saluran yang tepat dan waktu yang tepat.

0 komentar: