Rabu, 13 Juni 2012

0

Knowledge Management Systems

Posted in
Merupakan sebuah fasilitas yang disediakan untuk melakukan suatu pertukaran knowledge dari satu orang ke orang yang lain.Ada beberapa bagian  yang menjadi bagian penting dalam KMS,
  • ·         Sosialization adalah sebuah pertukaran knowledge dari explicit(berupa data pendukung yang terlihat mata) ke explicit juga,jika pada kehidupan sehari-hari saya banyak menemukannya pada saat saya mengikuti sebuah workshop di ITS, disana saya medapatkan materi mengenai me-design di Corel draw dan pada saat itu juga saya juga diberi kesempatan bersama peserta yang lain untuk mencoba materi tadi yang sudah di jelaskan ke dalam aplikasi corel draw.DI sisini pada saat saya mendapat sebuah materi  dan mencoba untuk untuk men-design di aplikasi merupakan perpindahan dari sebuah explicit ke explicit.
  • ·          Externalization adalah sebuah pertukaran knowledge dari Taxcit(berupa data pendukung yang secara harfiah tidak terihat) ke explicit, Untuk contok dikehidupan sehari-harinya yaitu pada saat saya masih kecil dan kurangnya pengetahuan mengenai cara makan yang benar,pada saat itu saya hanya melihat orang lain makan dengan cara yang benar dan kita pun mencoba melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan dengan orang tersebut.
    Jadi pada saat saya memperhatikan cara makan orang tersebut hal tersebut bisa dibilang Taxcit, dan untuk bagaimana saya melakukan hal yang sama dengan orang lain merupakan explicit.
  • ·         Internalization adalah sebuah pertukaran knowledge dari Explicit(berupa data pendukung yang terlihat mata) ke Taxcit.Untuk hal ini, banyak dari kita khususnya saya pasti menemui hal internalization yaitu pada saat saya sedang di marahi bahkan sampai di pukul oleh orang tua saya karena telah melakukan kesalahan, dan pada saat itu juga saya mulai berpikir bahwa tindakan itu tidak seharusnya terjadi dan saya mencoba untuk memperbaikinya.
    Jadi Explicitnya terdapat pada saat saya di marahi dan dipukul oleh orang tua saya dan mencoba untuk bertindak lebih baik adalah Taxcitnya.
Combinations adalah sebuah pertukaran knowledge dari Taxcit(berupa data pendukung yang secara harfiah tidak terlihat) ke Taxcit juga.Untuk penerapan hal ini banyak saya temukan ketika saya sering kali mengikuti pengajian-pengajian di masjid yang mana narasumber atau ustad sedang memberikan penjelasan dan saya mendengarkan dengan seksama sambil meresapi setiap ayat-ayat quran yang dibaca oleh beliau sehingga saya sering kali bersalah kepada diri saya sendiri ketika mendapati bahwa suatu hal dalam diri saya banyak melakukan kesalahan.
Jadi Taxcitnya yaitu pada saat saya mendengarkan ustad berceramah dan ketika saya mulai merasakan pada diri saya ada yang salah.

Berikut salah satu video yang sedikit menjelaskan mengenai KMS,Check this Out..




1.      

0 komentar: