Senin, 11 Juni 2012

0

Enterprise Resource Planning

Posted in
ERP merupakan sebuah system informasi bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek keuangan, produksi, SDM, maupun distribusi.


Jadi ERP itu sendiri merupakan sebuah system dalam sebuah perusahaan yang akan mengubungkan beberapakomponen di dalamnya agar lebih efesien.



Dalam kehidupan sehari-hari saya,masih banyak hal yang belum saya ketahui yang berkaitan dengan ERP dan baru saya sadari setelah saya belajar mengenai bab ini.Pada beberapa minggu kemudian, saya sedang  berbelanja bersama keluarga saya di sebuah supermarket di daerah Tulungagung,di sana saya menemui banyak hal yang berhubungan dengan bab ini,yaitu di sana sudah menerapkan sistem ERP di dalam  perusahaannya yang mana pada saat itu pada saat itu system pembayaran sudah menggunakan kartu prabayar padahal sewaktu saya ke tulungagung dulunya masih belum adanya yang menggnakan fasilitas mesin ini.Mungkin semakin berkembangnya teknlogi yang menyebabkan seluruh orang berubah arah untuk memanfaatkan fasilitas ini.
Tidak hanya itu saja, ERP di universitas-universitas ternama di negeri ini pun mulai menggunakan system ini, salah satunya yaitu Kampus perjuangan saya ITS Surabaya.Di ITS khususnya di jursanna saya sudah menggunakan ERP yang berupa Software yang memudahkan para mahasiswanya untuk melakukan pembelajaran khususnya dalam bidang komputersisasi.

Jadi pada Intinya,ERP ini sendiri digunakan untuk memudahkan penggunanya dalam pengotomasian proses-proses yang ada tetapi tidak banyak juga yang menggunakan system ini karena mungkn tidak sesuainya ERP yang digunakan di perusahaan yang menggunakannya.

Berikut sedikit penjelasan mengenai Enterprise Resource Planning dalam video berikut.

0 komentar: